back-button
스토리
로그인/회원가입 menu
[동아대학교] Pengalaman Dan Cara Mengikuti Kegiatan Sukarela (Volunteer Experience and How to Apply)
SUHA NADHILLA 멘토 2023-12-17
이 게시글 신고하기

Hallo teman - teman~

Akhir tahun mulai deket nih dan waktunya untuk..... Liburan musim dingin

Bagi temen - temen yang kuliah di Korea dan bingung mau ngisi kegiatan apa di winter vacation bisa nih buat ikut kegiatan sukarela kalau di Korea di sebut 봉사 활동 (bongsa hwaldong). 

 

Biasanya kegiatan volunteer ada banyak manfaat lho...  

Contohnya buat kamu yang Visanya D-2 kalian akan dapat point plus untuk pengajuan Visa seperti D-10, F-2 ketika kalian nanti lulus dari universitas nanti.

 

Tapi gimana caranya sih supaya bisa ikut kegiatan volunteer di Korea?

 

Buat kalian yang penasaran kalian bisa daftar di link ini :

 

https://www.1365.go.kr/vols/main.do 

 

Link di atas adalah link untuk Korean atau Foreigner yang ingin ikut volunteer. Tahapnya seperti ini :

 

1. Klik website yang ada di atas.

2. Setelah itu akan keluar home website seperti ini 

 


 home website 1365

3. Kalian bisa Klik 로그인 (login) bagi yang sudah punya ID tapi bagi yang belum punya bisa klik 회원가입 (apply).

 


Klik login (로그인) seperti tanda panah warna hijau bagi yang memiliki ID 1365

 

 


Klik 회원가입 bagi yang belum memiliki ID untuk apply website tersebut.

4. Kalian bisa pilih login melalui akun sosial media atau kalian bisa pilih untuk mendaftar tanpa social media. Aku lebih menyarankan bagi yang mau login pakai sns lebih baik menggunakan naver ID atau kakao ID.

 

Kalian bisa pilih di 간편인증 seperti Kakao Talk, Akun Bank Korea, Samsung Pass, Pass, Payco yang ada di gambar.  

 

Atau kalian bisa pilih seperti ini 




Kalian bisa login melalui SNS sepert naver, facebook atau jika kalian sudah memiliki ID bisa langsung untuk memasukan yang seperti gambar sebelah kanan

 

5. Jika kalian sudah login maka kalian dapat memilih kegiatan yang kalian inginkan dengan klik tulisan 봉사참여 kemudian pilih 시간인증봉사 . Seperti ini :


 

 

Gambar di atas jika kalian ingin mendaftar berdasarkan waktu yang kalian inginkan kemudian kalian bisa klik 검색 

 

Setelah itu akan keluar kegiatan yang sedang berlangsung di sisi kanan ada tulisan 금일 마감 yang artinya bahwa pendaftaran tersebut sudah tutup dan kalian bisa cari yang lain berdasarkan waktu luang kalian. 

 

 

 

Kalian bisa klik contohnya pada kegiatan 슬기로운 아이스팩 재사용 

6. Setelah kalian pilih kegiatan yang kalian inginkan. Kalian bisa mengkonfirmasi kegiatan yang kalian pilih tersebut dengan mengklik 신청하기 seperti ini :

 


 

7. Setelah itu kalian hanya memilh waktu yang kalian ingin kan dan klik 확인 untuk konfirmasi bahwa kalian akan mengikuti kegiatan tersebut.

 

Perlu di ingat semua website Korea menggunakan bahasa Korea. Jika masih terdapat kata - kata yang sulit di mengerti kalian bisa mentranslate secara otomatis pada desktop kalian. Atau kalian dapat bisa meminta bantuan pada mentor di Apply Korea maupun teman kalian yang bisa berbahasa Korea. 


8. Jika kalian sudah mengikuti kegiatan yang kalian pilih. Kalian bisa mendapatkan sertifikat untuk di print atau kalian simpan menjadi PDF sebagai referensi untuk mengikuti kegiatan di Korea lainnya seperti ini :


 

 

Dua sertifikat ini adalah kegiatan yang aku ikuti yang di atas adalah kegiatan Korean - Asean yaitu menjadi supporter untuk anak - anak multicultural dan Korea saat bermain di Kidzania. 

 

Foto bawah adalah kegiatan aku menjadi supporter untuk memberikan bricket atau arang yang di pakai saat musim dingin kepada lansia.

 

 


 

9. Cara untuk mendapatkan sertifikat tersebut ikuti langkah seperti di gambar di bawah ini.

Kalian bisa klik 나의 지원봉사 → 시간인증봉사 → 검색  

 

 

Kemudian kalian pilih kegiatan yang kalian sudah lakukan. Kegiatan yang aku lakukan ada sebanyak 6 kali dengan 23 jam dalam waktu 3 tahun terakhir ini. Minimal untuk menambahka point kalian harus mengikuti sekitar 50 jam. 

 


 

Kalian dapat memilih semua kegiatan yang kalian lakukan atau kalian dapat memilih satu kegiatan untuk mendapatkan soft file sertifikat kalian.

contoh di bawah adalah salah satu kegiatan yang aku pilih untuk menyimpan soft file sertifikat volunteer. Dan akan terdapat centang biru.



 

 

Setelah itu kalian dapat scroll kebawah pada bagian 확인서 출력 dan kalian klik yang ada di sebelah kiri setelah itu klik 재외국인 yang artinya bahwa kalian adalah foreigner kemudian kalian dapat mengklik tombol warna merah yang bertuliskan 선택 출력. 

 

 

Dan terkahir akan keluar dokumen sertifikat kalian seperti gambar di atas sebelumnya.

Jika kalian masih belum mengerti kalian dapat mengikuti prosedur dengan mengklik English dan akan keluar cara dari mendaftar dan sampai mendapat kan sertifikat. Kalian dapat mengikuti seperti gambar di bawah ini :

 

 

 

Dan terkahir adalah dua foto dokumentasi saat aku mengikuti volunteer di tahun 2021 dan di tahun 2023 ini.

 

 



Foto atas adalah foto tahun 2021 dimana aku mengikuti volunteer bricket untuk para lansia

 

Foto di bawah adalah foto tahun 2023 dimana aku menjadi supporter untuk acara Asean - Korea Multicultural



Nah itu sebagian dari kegiatan aku di Korea. Kalian tertarik untuk kuliah di Korea dan mengikuti kegiatan seperti di atas. Kalian bisa ikut menjadi mentee di https://applykorea.or.kr/ dan pilih mentor kalian yaitu aku SUHA NADHILLA yang akan membantu untuk kalian yang ingin menambah informasi mengenai universitas, tempat wisata, serta kegiatan kegiatan lainnya.  

 

See you di cerita selanjutnyaaaaa~~~~ 

 

Annyeong~~



SUHA NADHILLA 멘토
동아대학교
멘티 0명 ∙ 답변 0개 ∙ 스토리 3
이 스토리가 마음에 드셨나요?
그러면 1:1 대화를 시작해보세요
댓글 0개